Ceritaku Lintas Jurusan di SNMPTN 2020

Haloo, apa kabar kalian semuanya? Semoga sehat-sehat selalu, ya, di tengah new normal ini. Di kesempatan kali ini, aku mau cerita soal perjalananku dari awal SMA hingga akhirnya aku dapet bangku di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta (karena aku juga domisili Jogja sih, gak rantau hehe). 
Disclaimer; aku cuma bermaksud sharing sesuai pengalamanku aja ya. 
hahah aku sampe bikin timeline tapi gaada snm wkwk
Aku inget banget sih, rasa-rasanya pas kelas 12 itu. Kalo kalian mau baca cerita lebih lengkapnya, bisa baca postingan yang ini, ya. Kalian bisa ngebayangin nggak sih, rasanya deg-degan dicampur sama khawatir? Tapi, buat kalian yang lagi kelas 12 dan lagi baca postingan ini, kalian beruntung hahah. 
Jujur aja, mungkin di awal terasa “semenyeramkan” itu, tapi, setelah lama-lama dijalani bakalan kerasa ngalir gitu aja karena berjalannya waktu kayak nggak terasa apa-apa!! Mau gimanapun kalian mandang hari-hari yang dilalui akan menyeramkan, tapi, percayalah akan ada sebuah plot twist kalo kalian akan baik-baik aja<3 

Sebenernya dari kelas 9, aku udah berpikir kalo aku SMA bakalan masuk ke jurusan IPS. Itu rencanaku. Waktu itu, aku lagi seneng sama jurusan Ilmu Komunikasi. Dari SD dulu, aku udah pernah ikut ekskul Master of Ceremony (MC) dan aku ngerasa disitulah bakat terpendamku wkwkw. Mungkin yang cuma sebatas kenal aku di real life bakalan anggep kalo aku pendiem dan kalem, tapi, sebenernya aku tuh suka banget ngomong bahkan bisa sampe keceplosan!! Huhu itu salah satu kelebihan tapi juga kekuranganku kayaknya wkwk. 
Dari situ juga, guruku mulai memercayai aku buat ikut lomba-lomba, contohnya Reporter Cilik 2013. Kalian juga bisa baca ceritanya di sini, ya! 
Apalagi, setiap berangkat sekolah aku suka dengerin radio Swaragama FM, yaitu radio punyanya UGM. Bahkan, di saat yang lain punya cita-cita dokter atau ahli medis gitu, aku malah pengen jadi penyiar radionya Swaragama HAHAHAHAAH. Alasannya simple banget, pengen bikin orang lain juga bahagia lewat radio, gila jaman SD udah mikir kayak begituan wkwkw. Soalnya setiap aku denger itu radio, aku juga kebawa seneng walau dengerin radio:’))
Jujur pas itu keputusanku udah bulat, pokoknya mau jurusan IPS terus kuliahnya lanjut jurusan Ilmu Komunikasi dan konsentrasinya Broadcasting. Wah, aku juga baru sadar kalo aku dulu udah bisa planning sampe ke situ:’) 

Sampai akhirnya waktu mau masuk SMA, aku daftar SMA di deket rumahku. Senengnya, nilaiku cukup memuaskan jadi di urutan agak atas gitu. Setelah keterima, pas pemilihan jurusan ternyata plot twist; AKU DISURUH IPA, TAPI AKU MAU MAU AJA WKWKWK. Soalnya nilaiku juga lumayan, jadi kalo masuk IPA ya bisalah gitu pikiranku wkwkw. 
Jadi, aku tuh masuk jurusan IPA di SMA, tapi, dari awal masuk SMA udah niat banting setir ke IPS pas kuliahnya LUCU BANGET KAN WKWKWK. Bagi kalian anak kelas 9 yang baca ini, mohon jangan ditiru:( 
Hingga akhirnya, datanglah sebuah bencana,  bagiku ya:))) Waktu kelas 10 ini, aku ngerasa susah banget pelajarannya, aku nggak tahu apa emang aku yang susah nangkep atau pas itu masih masa adaptasi dari SMP ke SMA karena materinya tuh jelas beda jauh banget kan dari SMP. 
Dan yang paling ngeselinnya lagi, aku malah dimasukin di kelas yang nilai-nilainya juga di atas-atas. Jujur, awalnya berasa prestis tapi lama-lama kok “Hah? Kalian makan apa sih?” Aku kesel banget pas aku masih cengo yang lain udah pada aktif nanya yang nyambung gitu karena udah paham cepet:’))))
Jadi, semakin ke sini aku merasakan aura kelasku berasa persaingan diam-diam dan gak langsung sebenernya jadi pressure juga hiksss. 

Kita pun naik kelas 11 dan di tahun inilah aku mulai ikut OSIS dan organisasi lain. Jadi, aku lumayan sering dispen juga kalo deket-deket event gitu. Terus waktu kelas 11 semester 2, yang paling lucu adalah aku baru tau kalo selama ini ada ranking kelas!! Soalnya orang tuaku juga gak mempermasalahkan aku ranking berapa aja, kayak yaudah gitu, makanya nggak ada nanya sama sekali ke wali kelas. Dan aku shock, ternyata amblas sekali ranking kelas 10 ku, sedih kawan:( Pantesan waktu itu, ada salah satu temenku yang nyadar kalo progressku naik, padahal aku sendiri yang ngalamin merasa biasa aja; karena aku sendiri gatau rankingku berapa. Setelah itu, tiap semesteran aku jadi tau rankingku berapa wkwkw. 
Nah, mulai dari saat itu, aku agak stress karena aku ngerasa belajar sama organisasiku gak balance, apalagi circle kelasku yang ambis dan aku punya niat kalo kelas 12 nanti aku pengennya fokus buat UTBK-SBMPTN karena dari awal niatku juga udah linjur, jadi, aku nggak berharap banget SNMPTN, kayak yang yaudahlah aku juga tau gak bakalan keterima. Oh iya, bagi yang nggak tahu, SNMPTN adalah Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi, itu jalur cuma pake nilai rapot tanpa tes tertulis sama sekali.
Mei 2019 aku udah planning jurusanku buat kuliah, pokoknya aku udah mulai searching gitu. Aku nulis di jurnalku karena pas jaman itu aku lagi rajin-rajinnya bikin jurnal (wah aku pernah rajin).Nah, waktu itu aku nggak masukin Ilmu Komunikasi karena setelah aku pikir-pikir lagi, aku ngerasa nggak mampu untuk menanggung resikonya yang menurutku cukup besar. Aku pengennya kan di ranah Broadcast dan jadi penyiar, presenter, atau pembawa berita. Ada alasan deh pokoknya, aku gak bisa jelasin di sini hehehe.
Di sisi lain, malah pas SMA aku jadi ngerasa insecure dan minder karena ada banyak yang lebih dari aku. Sedihnya, aku nggak bisa nunjukin kalo aku mampu, jadi, aku ngerasa kesempatan untuk tampil pede di depan orang-orang itu nggak dateng ke aku:( Sayang banget sih, padahal pas SD-SMP aku ngerasa pede-pede aja, tapi, semakin ke sini aku malah semakin minder:( 
Orang tuaku itu dua-duanya punya latar belakang pendidikan yang berkaitan sama ekonomi, nah di sisi lain orang tuaku juga maunya aku nyemplung ke situ. Setelah kucari-cari jurusan yang pas, pilihanku jatuh ke Manajemen. Alasannya sih, karena aku suka analisis dan pencerahan ini tuh dateng karena aku ikut kebanyakan organisasi. Aku jadi paham ada beberapa hal yang bikin aku tertarik untuk nyemplung ke manajemen. 

Setelah dipikir-pikir lagi, waktu mau kenaikan kelas 12 aku ngerasa “Duh, kayaknya berat banget, deh, anak IPA lintas jurusan ke IPS karena materinya harus banyak banget yang dikejar.” Akhirnya, waktu liburan itu, aku memutuskan searching lagi jurusan IPA yang masih ada kaitannya sama manajemen, teknologi, dan bisnis. Btw, aku searching nya di  web Rencanamu. Ketemulah jurusan Agribisnis, Sistem Informasi, sama Teknik Industri. Matkul dari jurusan itu malah banyak bidang ekonomi (kecuali yang sistem informasi sih, tapi ada kaitannya sama manajemen). Akhirnya aku memutuskan untuk tetep di IPA, tapi di antara 3 jurusan tadi. 
Ternyata, waktu di bangku kelas 12, orang tuaku, terutama ayahku, udah nanyain aku mau ke jurusan mana. Ketika aku jawab 3 jurusan IPA tadi, itu bener-bener langsung ditolak karena ayahku maunya aku masuk ke ekonomi, khususnya Akuntansi. Jujur aja sih, selama dikasih tahu kayak gitu rasanya sedih banget, bahkan aku sampe nangis beberapa kali di sekolah gara-gara kena pressure kayak gitu. Apalagi, kalo akuntansi aku ngerasa aku belum mampu, jadi bagiku akuntansi udah big no banget! Kalo dilihat balik kelas 12, aku sampe terus minta bimbel karena aku ngerasa aku nggak mampu untuk handle belajarku sendirian. Aku orangnya perlu motivasi dari luar biar gerak gitu wkwk. 
walau akhirnya juga nggak sesuai sama jadwal :)
Akhirnya, aku memutuskan untuk bimbel dan lintas jurusan (setelah awalnya gajadi wkwkw). Awalnya aku agak malu kalo aku linjur karena aku orangnya gak bisa gampang bodo amat sama omongan dan pandangan orang. Aku soalnya takut juga sih kalo aku gagal:( Makanya aku setiap ditanya jurusan, aku selalu bilang rahasia hehe.
Tapi, pas di bimbel, aku masuk kelas IPA dulu di semester 1 karena semester 1 ini, nilainya masih buat SNMPTN, aku bakalan pindah pas semester 2 nanti. Selama menjalani kelas 12 semester 1 ini, jujur udah agak stress kalo aku. Semua guru udah ngejar materi kelas 12 kalo bisa harus habis di semester 1 ini, jadinya ngebut banget. Bahkan beberapa kali gitu aku juga sempet nangis lagi gais wkwkw gara-gara gak bisa maksimal di pelajaran Matematika. Heran sumpah, aku dari kelas 10-12 ngerasa fail terus di pelajaran ini, padahal aku kalo belajar mapel ini bisa sampe semaleman:’))) Dah gitu ngerasa malu juga, padahal pas UN SMP mapel matematika aku bisa dapet 100, tapi, di SMA kok susah banget gini:((( Tapi, walaupun gitu, aku tetep perjuangin manajemen gatau  harus gimana, pokoknya itu. 
Sampe ada temenku bilang, “Nggak apa-apa, tir. Nilaimu nggak akan menentukan kesuksesanmu besok. Semngat tir!” 
Seriusan ya, itu kata-kata temenku tak inget terus gais wkwkw. Pokoknya ada aja temenku tuh baik-baik nyemangatin aku:’)) 

Masuk semester 2, mulai pemeringkatan pake nilai rapot 5 semester. Alhamdulillah, aku masuk pemeringkatan di jurusan MIPA. Pas itu, udah mulai ribet ngecekin nilai rapot dan input data, jurusan segala macemnya. Tapi, seriusan deh, di sini aku bener-bener udah nggak berharap SNMPTN sama sekali. Aku bener-bener fokusnya sama UTBK-SBMPTN aja karena aku linjur dan aku udah masuk kelas IPS di bimbelku. 
Waktu masukin jurusan, agak debat sih sama ayahku karena emang ayahku pengennya aku akuntansi, sementara aku udah big no kalo itu, aku lebih seneng ke manajemen. Buat universitasnya karena aku ngerasa kalo pilih UGM sama aja buang-buang kesempatanku (walau aku bodo amat, aku juga gak rela sih kalo buang gitu aja kesempatan itu), aku juga sadar diri sama nilaiku yang kecil dan track sekolahku sama UGM. 
Akhirnya, aku naruh pilihan ke UNY semua dua-duanya. Aku inget banget waktu itu aku lihat kalo Manajemen UNY lebih ketat daripada Akuntansi UNY, tapi, ayahku sendiri maksa mending akuntansi dijadiin nomer satu gara-gara semua universitas kebanyakan gitu. 


Kalian bisa lihat ya gais, jelas lebih ketat Manajemen di UNY :))
Akhirnya, yaudahlah dengan berat hati, aku nurut aja pilih pilihan satu Akuntansi UNY dan pilihan keduanya Manajemen UNY. Iya, aku tahu dua-duanya ketat hey, tapi, yaudahlah aku juga gak ngarep, udah bundir juga karena linjur:)))) 

Dan nggak terasa udah mulai TPHBS sama Ujian Sekolah. Dua ujian ini tu aku kencengin lagi belajarnya karena aku gak mau lagi aku nangis dan gak bisa ngerjain. Pokoknya gimanapun caranya, walaupun aku linjur, aku tetep harus bisa buktiin kalo aku bisa. Aku pengen ngasih kesan yang terbaik buat diriku sendiri di akhir perjuangan jurusan IPA-ku HAHAHAAHH. Makanya aku bener-bener nggak bisa bodo amat sama dua tes itu. Ujian Praktik juga sih, tapi, itu menurutku effort belajarnya nggak begitu banyak, karena kan praktik. 
Singkat cerita, akhirnya aku bisa dapetin hasil yang bagus di TPHBS itu. Walau mungkin emang belum maksimal, tapi, ternyata emang nggak sia-sia aku berangkat les di luar jadwalku sendiri, minta tambahan privat, kebanyakan nanya sama tentor, pokoknya semua itu udah cukup terbayar buatku. Begitu juga yang ujian sekolah walau emang ada beberapa mapel yang nggak memuaskan:’))) Setelah itu, mulai intensif buat UN. Eh, ternyata sebelum UN, sekolah udah diliburin karena Covid-19, nggak lama setelah itu, UN nya dihapuss!! 
salah satu catatan soshumku:)
Akhirnya, semua udah pada fokus buat belajar UTBK, termasuk aku. Nggak taunya, LTMPT tuh juga ngeprank terus gais wkwkw. Udah UTBK dimundurin karen Covid-19 (aku emang maklum yang ini), tapi, habis itu ngumumin lagi kalo UTBK nya Cuma TPS doang!! Sumpah kesel banget, padahal aku udah belajar materi IPS lumayan banget:”))) Itu diumumin aku inget banget H-2 sebelum pengumuman SNMPTN. 
Barulah dari hari ini, aku udah ngarep banget SNMPTN padahal selama ini aku bodo amat banget. Pokoknya setiap doa, aku terus minta dilolosin SNMPTN aja:’) Karena kalo TPS doang gitu, persaingan makin ketat, yang mau linjur pasti lebih banyak lagi, apalagi aku pas itu ngincer UGM. Tau lah ya, persaingan UGM lewat SBMPTN kalo jurusan manajemen gimana?! Rasanya pengen tenggelem aja woyyy:(( 

Hari-hari berlalu dan akhirnya datanglah tanggal 8 April, tanggal di mana anak SMA/SMK pada nunggu pengumuman SNMPTN ini. Aku sebenernya nggak nunggu gais, tapi, ngarep banget ada keajaiban buat lolos, walau mungkin persentasenya kecil. Bahkan, sebelum buka pengumuman, aku malah santuy belajar sosiologi karena pas itu habis les sosiologi via daring. Tapi, habis itu aku juga sambil dengerin sholawat sambil minta keajaiban buat dilolosin SNMPTN:’’’) Terus, aku juga sempet kepikiran apa aku buka besoknya aja ya, pengumumannya wkwkw. Aku juga sempet down pas itu karena ngeliat 20 prodi terketat SNMPTN. 

Di situ ada Akuntansi UNY sama Manajemen UNY. Gila gak sih, masukin dua prodi yang terketat gitu:’) Dan ternyataaa, tahun ini jadi berubah! Lebih ketat Akuntansi daripada Manajemen di UNY, agak lega tapi juga bikin down:( Mendekati jam 1, malah semakin deg-degan gila. Padahal gak nungguin banget, tapi ya, tetep ngarep. Sampe akhirnya 3 menit sebelum itu, aku mulai ke link minor nya pengumuman SNMPTN dan standby karena takutnya keburu down situsnya. 
TENGGG JAM 1 PUN TIBA. 
Aku ngeliat situsnya kok masih countdown 00 : 00 : 00 gitu. Yaudah aku refresh dan akhirnya munculah kolom nomor pendaftaran dan kolom tanggal lahir buat ngecek pengumuman. Setelah aku masukin dua-duanya dan aku klik tombolnya. JENGJENG. “Loh kok Cuma data diri?” pikirku agak syok gitu karena aku bukanya kan lewat handphone. Terus aku scroll ke bawah, ternyataaa…. 

HIJAU DAN ADA BARCODENYA!! 
Aku akhirnya diterima di Manajemen UNY lewat SNMPTN 2020. 
 
Btw itu udah aku buka lagi lewat laptop hehe. Yaampun seneng banget! Aku sampe teriak-teriak wkwkw. Dan akhirnya meluk kedua ortuku. Aku malah seneng gais keterimanya pilihan kedua karena aku memang pengen banget di Manajemen daripada Akuntansi. Kayaknya beda juga ya sama orang-orang yang lebih pengennya keterima di pilihan pertama heheheheh. 
Aku masih nggak percaya sampe sekarang. Allah emang maha baik banget. Padahal aku ngencengin doa buat SNMPTN baru H-2 itu. Kaget juga sih, aku yang dari jurusan IPA bisa keterima SNMPTN di jurusan IPS. Alhamdulillah, aku bener-bener bersyukur banget. Kita mungkin sebagai manusia sering meragukan kemampuan kita “Masa aku bisa sih? Udahlah, lagian juga nggak mungkin.” Contohnya kayak gitu. 
Tapi, inget, masih ada Allah yang apa aja kalo Dia hendaki, ya bakalan terjadi. Jangan raguin kemampuan kita, tapi, percaya aja sama Allah. 
Itu kata-kata yang aku tangkep juga setelah nontonin videonya Wirda Mansur hihi. 
Dan, sebaik-baiknya rencana kita, Allah udah siapin yang terbaik. Jujur aja, aku nggak expect bakalan kuliah di UNY karena aku cuma mikirin UGM terus. Aku sampe nulis di dinding kamarku target skor UTBK dan jurusan Manajemen Bisnis UGM, tapi, ternyata memang itu belum rezekiku. Aku pun sampe sekarang masih susah buat move on, bahkan nanti kalo denger temen-temen keterima SBMPTN di UGM, selain ngerasa bangga, aku juga sedih nggak bisa bareng-bareng sama mereka di UGM dan ngerasain euforianya PPSMB UGM, walau daring sih. Sedihnya lagi, aku nggak bisa punya almet yang sama dengan ayahku, yaitu FEB Manajemen UGM. Padahal, aku pingin banget bisa satu almet gitu, tapi ya gimana, aku nggak boleh egois juga, Allah udah berkehendak yang lain. Lagipula, udah baik juga linjur nggak perlu pake tes lagi heheh. 

Jadi, segitu aja ceritaku. Sekarang, aku nyempetin blog karena emang udah libur lama banget dari April-Juli ini dan nggak ngapa-ngapain wkwk. Mungkin, beberapa hari lagi, atau bulan depan, aku udah nggak bisa aktif lagi kayak sekarang:(

Oh iya, di sini aku nggak bermaksud untuk sombong atau apapun itu. Aku cuma pengen sharing buat kalian semua dan kasih pesan bahwa sesungguhnya di balik suatu peristiwa itu pasti ada maknanya. Baik kesuksesan dan kegagalan semuanya perlu disyukuri karena memang begitulah hidup bekerja. Semoga kita semua bisa meraih mimpi dan kesuksesan di masa datang, ya. Aku akan selalu menunggu kabar baik dari kalian semuanya:) 
 
Lots of love<3

Comments

  1. I feel you, aku pure ips tapi beneran deh aku juga gak mempermasalahkan orang mau linjur coz mereka tahu apa yang mereka mau raih dimasa depan jadi ya itu hak mereka. Selamat ya lolos SNMPTN, aku justru gagal disini karena aku bener-bener nekat banget alias bundir banget deh tapi aku gak menyesal soalnya itu jurusan yang aku mau. Memang sih di kelas 12 pun aku merasa banyak tekanan dan insecure yang menjadi-jadi apalagi waktu mendekati uprak dan un serta utbk dah mau pecah kepalanya. Tiap hari bimbel pulang maghrib belum lagi kalau ada tugas kelompok atau individu yang deadline mepet serasa mau membelah diri rasanya. Bener-bener mental dan fisik diuji waktu kelas 12 tapi ya sekarang rasanya rindu sekolah apalagi waktu jamkos rasanya mau puter kembali mesin waktu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu thank you sudah mengerti<3 kalo diinget-inget lagi, anak-anak ips pun pada kaget kalo aku linjur, apalagi setelah tahu kabar pengumuman aku diterima SNMPTN linjur, udah sih aku gak mau peduli apa kata mereka dan omongan orang-orang kalo itu buruk buat aku:)
      nggak apa-apa gagal SNMPTN, yang penting kamu dah nyoba dan nekat + bundir itu butuh keberanian lho, karena yang jalanin juga kita, jadi lebih penting jurusannyaa itu. sebenernya aku juga nekat + bundir sih itu karena linjur:') tp ternyata emang semua baiknya dicoba dulu.
      apapun jurusan yang kamu impikan semoga kamu dapetin itu ya di SBMPTN nanti<3

      bener banget! aku di kelas 12 ini sering bgt sampe nangis di kelas karena capeknya itu, udah nguras tenaga dan pikiran, apalagi pas itu aku masih ada satu kepanitiaan padahal aku udah rencana di kelas 12 ini aku nggak mau ikut apa-apa lagi cuma karena terpaksa:''))) i feel u bgt!! pulang magrib sampe rumah masih harus ngerjain buat uprak + review bimbel, haduh gak karuan emang wkwkw
      eh, tapi, jujur aja aku ngerasa SMA berasa gak SMA sih wkwkw karena pas kelas 12 itu kalo jamkos pun temen-temenku juga pada rajin ngerjain tugas dan belajar, malah ada yang sampe perpus, ada juga yang pulang duluan biar bisa belajar di rumah:') ya begitulah tahun terakhir ku di SMA, kurang berkesan aja kalo aku hiksss. tapi, aku juga pengen bgt muter kembali waktu, masih pengen kocak-kocakan gitu sama temen SMA karena aku yakin pertemanan kuliahan dan SMA itu pasti vibesnya beda banget, ya namanya juga pendewasaan sih hehehe:')

      Delete
  2. kak mau tanya, waktu kakak daftar snmptnnya kakak masukin sertifikat apa aja ya kak? makasih

    ReplyDelete
  3. ih sumpa kita umurnya selisih setahun tapi kenapa aku panggil kamu ga pake kak ya:( oke dari sekarang mari kita ganti jadi kak tii
    btw akuu mau linjur jugaa buat snm tapi takut banget ih ajarin dongg harus gimanaa eh masuk manajemen gimanaaa seru, gak? ini apaansi banyak banget yang ditanyain pokonyaa have a nice day yaa kak tii HAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja aku mahh hahah, panggil nama jg gapapa udah kebiasa kalo sm rida mah wkwk. Kalo aku sih, asal jurusan kita suka walau linjur, gasin aja sih, tapi di snm ini emang lebih condong ke realistis. Jadi, cek juga ya angkatan sebelum kamu, snm nya pada keterima di mana kakelnya hehe. Jujur sihh, so far selama 1 semester ini, manajemen nyenengin hahah, dapet insight baru gitu deh dan ilmunya bisa dipake buat sehari2 juga karena deket sama kehidupan kita, tapi ya pasti ada minusnya sih, ada beberapa matkul juga yg aku kurang excited hahah. Seru kokk di manajemen hihii. Semangat yaa kelas 12 nya, semoga tahun ini bisa keterima di jurusan dan univ yg kamu mau. Sukses ridaa! :)

      Delete

Post a Comment

Before leave a comment, please ensure your comment is supportive and spread positivity :)

Popular posts from this blog

Movie About Insecurity : Imperfect