Bimtek Jurnalistik Bahasa Jawa 2018


Halo temen-temen, udah lama aku nggak posting sesuatu di blog ini:") Oh iya, apa kabar kalian? Kalo aku, alhamdulillah baik-baik aja, hatiku juga baik-baik aja kok //eh apasih ini wkwk. Oke, jadi sebelumnya, mau minta maaf karena actually event yang aku ikutin ini tu udah sejak Oktober 2018 lalu, tapi sayangnya aku baru bisa sekarang buat share ceritanya ke kalian:") Tanpa lama-lama lagi, langsung aja ya!

Awal mulanya aku bisa ikut acara ini gara-gara temenku yang tiba-tiba manggil namaku terus nyuruh aku buat ke ruang guru saat itu juga untuk menemui salah satu guru. To be honest ya, salah satu guru itu tu bener-bener asing di kepalaku. Like.. "Ini guru ngajar apa sih, kok aku nggak tau ya?" Dan sesampainya di ruang guru, aku masuk terus celingak-celinguk kayak orang bingung wkwk. Untungnya, ada salah satu guru lain lagi yang tau kebingunganku dan kayaknya paham bener situasinya gimana. Aku langsung ke situ dan ternyata, guru yang manggil aku itu ada di sebelah guru yang tadi bisa menjawab kebinganku.

Di sana, aku kaget dong, gak ada hujan, gak ada angin langsung disuruh ikut acara jurnalistik kayak gitu. Dan yang tambah bikin kaget, jurnalistiknya itu jurnalistik bahasa Jawa! Nggak lucu banget ya, aku aja nggak begitu pinter bahasa Jawa, tapi malah disuruh ikut acara yang kayak gitu. Akhirnya, yaudah iyain aja karena guruku yang ternyata namanya Bu Wida itu bilang kalo nggak harus pinter bahasa Jawa, asal mau dan tertarik ke jurnalistiknya. Kemudian, Bu Wida bilang kalo acaranya hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018.

Beberapa hari kemudian. Aku inget, waktu itu hari Senin, 8 Oktober 2018. Pagi-pagi aku udah di dm ig sama temenku SMP dulu yang sekarang pas SMA kita beda sekolah. Dia tiba-tiba tau kalo aku ikut bimtek jurnal itu dan ternyata dia juga ikut ngewakilin sekolahnya. Nah, ini yang bikin syok. TERNYATA ACARANYA TANGGAL 8 BUKAN TANGGAL 9. BINGUNG DONG. MAU MASUK SEKOLAH ATAU GIMANA?! Mana aku tu nggak dikasih tau apa-apa sama guruku itu, padahal nomerku udah kukasih ke ibunya sedih banget kan ya:")) Terus, temenku itu bilang, "coba sekolah sek" dan oke, aku masuk sekolah hari itu.

nah ini temenku smp itu, namanya Cella
Sesampainya di sekolah, semuanya berjalan sangat aneh dan penuh kebingungan :v Jujur aku pas itu bingung gatau mau ngapain karena acaranya hari Senin sampai Kamis dan aku belum packing apa-apa sama sekali:") Setelah upacara, barulah aku dapet kejelasan, yeaayy. Aku mulai ngurus surat tugas dan setelah dapet surat tugasnya aku langsung gas pulang ke rumah wkwk.

Sesampainya di rumah, aku baru mulai packing ini itu. Persiapan dadakan dan lain sebagainya. Saking menikmati packingnya :v aku sampai di Hotel Tjokro Style itu telat banget wkwk. Untung, ada anak lain yang telat juga, jadinya bisa lega sedikit. 

Sesampainya di ruangan, udah ada salah satu pemateri yang ngasih materi tentang jurnalistik. Di sana kita dikasih materi dari artikel, esai, feature dan lain-lainnya. Mungkin kalian sempat berpikir kalo pematerinya ngasih materi pake bahasa Jawa, but the truth is not!! Ternyata, menyampaikannya pake bahasa Indonesia, materinya juga, tetapi, pengaplikasiannya ke bahasa Jawa, kayak ke majalah bahasa Jawa seperti Djaka Lodang, Jawacana, dan lain sebagainya.

Setelah selesai materi, aku sama temenku yang telat tadi memutuskan buat sekamar bareng. Namanya Renita. Habis itu, kita istirahat, mandi, makan, dan lain sebagainya terus lanjut materi lagi dong. Seusai materi dan mulai kenalan banyak sama temen-temen yang lain, kita foto-foto deh wkwk.

Esok harinya, kita juga mulai materi lagi. Jadi, dari hari Senin sampe hari Rabu, kita dikasih materi terus. Walaupun memang agak menbosankan sih, karena seharian dari pagi sampe malem kita dikasih materi aja. Nggak ada keliling kemanaa gitu wkwk.
malem-malem aja nugas:(

Oh iya, materinya juga nggak hanya sekadar jurnalistik aja, loh. Tapi, ada juga tentang macapat. Waktu itu, ada perwakilan satu cowok sama satu cewek di antara temen-temenku itu buat nembang macapat. Dua-duanya mantapss banget suaranya. Nah, kalo yang cewek itu mon maap, aku lupa namanya:( tapi, orangnya ada di foto yang di atas, pake baju biru dongker yang duduk di depan hehe.

Nah, yang asyik itu di bagian tugasnya alias prakteknya. Jadi, habis dikasih materi, kita praktek membuat berita bahasa Jawa berkelompok yang mengangkat topik bebas, yang penting kita gampang dapet datanya. Jelass, kita harus praktek wawancara juga sama orang sekitar. Dan, ya, pastinya beritanya yang kita buat juga harus pake bahasa Jawa.

Di malam terakhir (kayaknya, aku dah lupa soalnya wkwk) aku sama Renita ke kamar sebelah, kamarnya Cella sama temennya yang nembang tadi. Selain kita, juga ada anak kamar sebelahnya Cella. Di sana, kita main ludo sambil makan martabak manis huehehhe.

Nah, akhirnya sampailah di hari terakhir, yaitu hari Kamis. Hari terakhir dari program bimtek jurnal. Di jadwal, hari terakhir udah nggak ada apa-apa dan nggak ada materi lagi. Sebelum pisah, foto-foto dulu dong sama temen-temen wkwk.


Nah, habis itu kita kumpul lagi di salah satu ruangan. Karena hari terakhir, kita cuma tinggal ngumpulin tugas berita yang udah tiap kelompok buat. Terus, tinggal pulang, yeayyy wkwk. See you temen-temen bimtek jurnal angkatan I, semoga bisa ketemu lagi ya:)

Oke, sekian dulu cerita kali ini yang bisa aku share ke kalian semuaaa. Maaf ya, udah jarang post lagi:( Aku udah kelas 11 dan di kelas 11 ini aku malah sibuk kepanitiaan sama organisasi:") Dan di kelas 12 pasti udah sibuk pesiapan buat masuk ptn, doain ya mentemen semoga aku bisa diterima di ptn yang aku pengen:)

Mungkin next post aku bakalan share tentang masa-masa sma beserta pengalaman organisasi, keseharianku, dan lain-lainnya. Karena PAT udah selesai dan mau liburan, insya Allah aku usahain buat post lagi, tapi ga janji ya, hehe. See you!~


Comments

Popular posts from this blog

Movie About Insecurity : Imperfect