Last Year in Senior High School

avec mes amis~
Halo semuanyaaa! Wah, ternyata aku udah hampir satu tahun nggak post di blog ini:( Kali ini, aku mau sharing ke kalian, gimana tahun terakhirku di SMA berjalan. Buat kalian yang ngikutin blogku dari tahun 2013, dari jaman aku masih SD, pasti nggak nyangka kalo aku sekarang udah mau kuliah gais:’) Waktu kerasa cepet banget gak sih wkwk. Yaudah yuk, langsung ajaa!

Kalo aku nggak salah inget, postingan terakhir di blogku ini, aku masih liburan kenaikan kelas 12. Pas itu juga aku masih searching terus tentang jurusan kuliah buat mantepin diri. Nah, mulai dari liburan ini, jujur aku udah deg-degan banget mau kelas 12, kayak belum siap gitu. Sejak saat itu, aku bener-bener kebayang betapa kerasnya effort buat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), apalagi Top 3, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Bayangin deh, seluruh anak se-Indonesia yang lulus SMA itu bersaing buat dapetin PTN, belum lagi ditambah sama yang gap year (sudah lulus SMA, tapi menunda masuk perguruan tinggi), sementara daya tampung alias kursi yang disediakan PTN itu terbatas! Itulah yang aku bayangkan, betapa ketatnya persaingan untuk mendapatkan bangku di PTN. Terlebih lagi jalur SNMPTN dan SBMPTN, yaa.

Membayangkan seperti itu rasanya benar-benar campur aduk. Makanya, pas mau kelas 12 aku benar-benar mau fokus belajar aja, yah, padahal kenyataannya juga nggak se-ambis itu aku belajar:)) Aku ngerasa lingkungan kelasku memang cukup mendukung, sih, tapi serem juga gais WKWKWK. Soalnya, temen-temenku itu pada pinter, keren, dan hebat semua. Kadang, kerasa juga persaingannya di kelasku ini. Terlebih lagi, banyak anak kelasku yang dapet ranking paralel bagus-bagus.

Di kelas 12 ini, ya kayak kelas 10 dan 11, sih, belajar biasa gitu. Yang bikin nggak biasa itu intensitasnya buat belajar mandiri. Kelasku sering banget kedapetan jam kosong (aneh kan gais, udah kelas 12 malah sering jamkos wkwk), terus langsung pada kabur ke perpus deh. Atau nggak, ini sering banget terjadi sama kelasku. Biasanya jamkosnya itu bisa setelah pelajaran pertama atau kedua gitu, nah abis itu bener-bener nggak ada pelajaran sama sekali! Akhirnya, banyak penghuni kelas yang pulang pagi duluan, padahal belum jam pulang, aku juga pernah gitu gais WKWKW. Temen-temenku, termasuk aku, juga udah mulai cicil belajar materi UTBK dari awal kelas 12. Ada yang udah bimbel offline maupun online, beli buku materi, dan lain-lain.

Baru awal masuk kelas 12, kaget rasanya, udah disuruh memutuskan ambil mapel pilihan UN (tapi ternyata pas angkatanku yang jenjang SMA dibatalin karena Covid-19). Nah, dua atau tiga bulan setelah masuk kelas 12, baru deh mulai PHB, terus PAS. Bener-bener kelas 12 ini nggak kerasa. Bahkan, akhir semester 1 pun udah mulai try out ujian nasional se-kabupaten gitu.

Lanjut di semester 2, kelas 12 nya mulai kerasa banget AHAHAH. Pertengahan Januari, sekolahku ngadain perayaan HUT. Nah, disitulah momen-momen terakhir kelas. Aku inget banget, angkatanku bikin lingkaran besar di tengah lapangan sambil ngerangkul satu sama lain. Saat itulah, lagu-lagu yang berkaitan perpisahan dan SMA itu diputar. Salah satu temanku juga mulai memberikan ucapan perpisahan untuk kami semua. Awalnya aku nggak nangis, masih bisa ketawa-ketawa gitu, tapi, pas lagu terakhir, aku lupa yang mana (saking banyaknya lagu ya), tiba-tiba nggak bisa haha-hihi lagi. Langsung deh, ngalir air mataku saat itu. Saking gak tahannya, aku sampe peluk-pelukan sama temen-temen kelasku. Kita semua sama-sama ngerangkul sambil nangis. Kalo diinget, touching juga:’) Nggak nyangka aja bakal berpisah secepat ini, padahal ya, tiga tahun.

Nah, setelah itu, mulai deh sibuk-sibuknya kelas 12, yaitu ada pemeringkatan SNMPTN, Ujian Praktik, TPHBS, Ujian Sekolah, terus libur lama banget karena Covid-19, tapi masih ada UTBK, sih. Nah, sebenernya sekarang aku udah keterima di salah satu PTN lewat SNMPTN. Sebenernya nggak expect sama sekali, sih. Tapi, alhamdulillah keterima, makanya sekarang punya waktu senggang buat nge-blog lagi, ahahah.

Kelas 12 ini, aku ngerasa baru belajar yang bener dan effort yang banyak. Apalagi di kelas ini juga mentalku ambyar sebenernya wkwk. Dari awal kelas 12, aku udah lumayan sering nangis gitu karena jujur aja, capek banget rasanya. Padahal, udah banyak ujian yang bakalan dihadepin, tapi, tugas-tugas juga ada aja yang gak manusiawi:( Wah, bener-bener kelas 12 mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran. Berbulan-bulan ditemenin kecemasan karena mikirin masa depan juga. Jadi, aku minta temen-temen yang baca ini doain temen-temen aku ya, yang besok berjuang buat UTBK, semoga mereka dimudahkan dan lolos di SBMPTN 2020 :)

Oke, kayaknya udah banyak banget nih, aku nulis. Kalo kalian ada request aku post apa, boleh banget komentar di bawah atau chat aku di chatbox. Ditunggu masukannya ya, temen-temen, jujur udah kehabisan ide wkwkw.

Buat yang lagi berjuang, terus semangat temen-temen!! Selain terus ambis, jangan lupa kencengin doanya. SEMANGAT!!

Comments

  1. Semangat untuk ke depannya, Kak!
    Kok aku baca jadi khawatir, ya, mau masuk SMA... Wkwkwk
    Anyway, great writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Gifta. wah, jangan khawatir haha, nanti akan berjalan dengan sendirinya kok, saranku terus giat belajar dan jangan lupa buat enjoy sama temen-temen, ya, karena masa SMA akan cukup berkesan hahah

      Delete

Post a Comment

Before leave a comment, please ensure your comment is supportive and spread positivity :)

Popular posts from this blog

Movie About Insecurity : Imperfect