Paguyuban Pelajar Istimewa 2018

Hai temen-temen, setelah sekian lama akhirnya posting journal akuu hehe. Jadi, selama ini Tiara tu kemana sih, kok jarang banget buka blog? Bahkan nyentuh aja kayak udah berabad-abad lamanya:') Oke, ini terlalu hiperbola. Jadi, selama ini aku berusaha menyibukkan diri //cielah apa banget ya wkwk.

Nah, salah satunya adalah mengikuti salah satu kegiatan keren ini! Yup, Paguyuban Pelajar Istimewa! Sebelumnya, kalian ada yang tau Forum Pelajar Indonesia alias FOR? Nah, PPI sama FOR itu bagian dari Indonesia Student Youth and Forum. Jadi, PPI itu kayak chapter Jogjanya FOR gitu. Oke, mungkin bagi yang belum pernah denger, bakalan makin bingung, sebenernya Tiara ngomong apa sih wkwk.
bingung mau foto apaan, twibbon gapapa ya

Sebagai gambaran awal kalian, PPI adalah sebuah forum pelajar se-Indonesia yang tempatnya di Jogja. Di sini kita semua para pelajar dikumpulin jadi satu untuk bahas isu-isu di Indonesia sesuai bidangnya masing-masing. Nah, di PPI ini ada empat Focus Group Discussion (kalo ga salah kepanjangannya) singkatannya FGD. Ada 4 FGD, yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan budaya //kayaknya ya gais aku lupa soalnya:')

Kenapa Tiara lupa? Karena PPI 2018 udah dilaksanain sekitar tanggal 10-13 Mei 2018. Udah lamaaaa banget kan? wkwk.

Oiya, PPI ini khusus untuk pelajar SMA, mantemanku. Untuk mendaftarnya kalian juga harus buat esai singkat, biasanya sih ada temanya.

Oke, kita mulai, ya, cerita kegiatanku di sana ngapain aja.

Day 1
Hari pertama itu mulai registrasi pas siang. Terus seharian itu isinya cuma pengenalan tentang Indonesia Student Youth and Forum (ISYF) sama ISYF chapter Jogja.
ini aku waktu registrasi

Day 2
foto dulu setelah pembukaan
Pagi-pagi di hari kedua, mulailah pembukaan acara secara resmi dari Komisi IV DPD RI, terus ada Youth Talk dengan narasumber yang keren keren. Habis selesai Youth Talk, kita lanjut ke Istana Negara. Nah, di sini nih asyik banget dan kita juga belajar tentang sejarahnya. Nah, pas sorenya kita ada FGD di hotel. Waktu itu aku pilih bidang kesehatan.

Di bidang kesehatan ini, of course kita bahas isu-isu tentang kesehatan di Indonesia. Contohnya seperti para remaja yang sudah merokok, pernikahan di usia dini, dan lain-lainnya. Di sini kita dibuat kelompok yang nantinya akan membahas suatu isu dan memecahkan masalahnya atau istilahnya membuat suatu project. Nah, dalam hal itu diperlukan banyak tahapan, salah satunya buat analisis SWOT, kemudian action plan, dan lain-lainnya. Setelah itu, kita presentasikan di depan teman-teman yang lain. Kalo mau lebih jelas, tahun depan ikut aja yaa wkwk.

Day 3
sebelum amazing race
Nah, hari ketiga ini tuh asik banget! Ada amazing race! Amazing race adalah sebuah games yang nanti ada beberapa pos. Di setiap pos ini kita dikasih sebuah misi yang harus kita selesaikan. Waktu itu rutenya dari Jalan Malioboro sampe ke Titik Nol. Oiya, kita mainnya jalan kaki ya, bahkan sampe lari-larian wkwk.

Malemnya ini nih, yang paling berkesan. Agenda pada malam itu adalah Cultural Performance. Setiap daerah diwajibkan untuk menampilkan pertunjukan khas dari daerahnya masing-masing. Walaupun dari delegasinya sendirian, tetep harus strong nampilin performancenya sendirian wkwk. Bersyukur waktu itu dari Jogja sendiri ada sekitar 5 orang lebih, saya lupa soalnya:') Tapi, ini fotonya barengan sama delegasi lain hehe.
nunggu giliran cultural performance

Pas malem itu, delegasiku nampilin semacam pertunjukan cups gitu tapi pake lagu daerah Jogja. Waktu di endingnya, kita semua seluruh delegasi nari di panggung pas lagu Jogja-Jogja di setel, btw aku lupa judulnya apa pokoknya yang itu wkwk. Nggak nyangka sih bisa se-petjaahh itu!!

Nah, pas balik hotel di malem terakhir, aku sama temen-temen sekamarku pada gofood wkwk. Kita gofood mcd, padahal itu jam 2-an loh wkwk. Asik bgt tapi pokoknya! Banyak temen-temen yang lain pada belum tidur jam segitu karena malem terakhir.

Day 4
Ini nih hari terakhir. Hari yang berat banget karena mau pisah sama temen-temen. Aku punya temen sekamar yang deket banget sama aku, tapi dia setahun lebih tua. Namanya Kak Sabrina. Dia sumpah baik banget dan kita klop banget udah!! Padahal cuma empat hari dan satu roomate tapi bisa seklop itu:") Waktu salam-salaman aku sama dia nangis sambil pelukan. Rasanya berat banget pisah sama dia. Kangen deh sekarang curhat-curhatan sama dia:") Di foto ini, dia yang kedua dari kanan, pake kerudung krem(?)
temen-temen sekamarku, iya, ada 8 orang tapi yg 1 gatau kmn wkwk
Jadi, ini ceritaku selama ikut PPI gais. Asyik banget deh pokoknya. Nggak bakal kulupain:") Temen-temen bisa kok daftar PPI 2019, nanti coming soon yaa hehe. Jangan lupa ikutaaann!
fullteam!!
Oh iya, untuk informasi selanjutnya kalian bisa buka ig nya @isyf.jogja atau kalo pengen tau info tentang FOR bisa ke ig nya @isyf.ina

Comments

  1. Pas day 3 kayaknya paling seru XD pas baca 'lari-larian' auto ketawa hehehe ... keren bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa hari ketiga itu seruu bgt. soalnya yang menang itu yang paling cepet jadi lari larian deh wkwk

      Delete
  2. aaa serunyaaa.. cultural performance pasti puncak yg menariikk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener kak karena kita bisa tau juga penampilan dari daerah-daerah lain se-indonesia hehe

      Delete
  3. Replies
    1. hehe iya, Esa. kalo udah sma, bisa ikutan juga lohh

      Delete

Post a Comment

Before leave a comment, please ensure your comment is supportive and spread positivity :)

Popular posts from this blog

Movie About Insecurity : Imperfect