Tips: Twist?

Kira-kira kalian tahu nggak apa itu, 'Twist'? Apa malah baru denger. Atau pernah denger tapi nggak tahu maksudnya. Atau ada yang udah tau? Kali ini, aku mau kasih tau tentang Twist sama yang belum tahu.
Pernah enggak, sih, kamu baca cerita yang akhirnya mengejutkan? Yang kamu pikir jahat, ternyata baik, yang kamu pikir
baik, ternyata bleh… jahat! Atau kamu kira tokoh utamanya akan gagal ampun-ampunan, eh tiba-tiba berhasil dengan gemilang! Itulah twist !
stock-photo-portrait-of-a-surprised-child-on-a-white-background-68531200Arti kata ‘twist ’ adalah memuntir. Yap, gampangnya, twist  adalah suatu kejadian yang memuntir balik semua yang selama ini diyakini pembaca.
Sebetulnya membuat twist  cerita itu mudah sekali. Ini langkah-langkahnya.
1.  Tentukan akhir ceritamu.
stock-vector-illustration-of-a-little-boy-on-a-treasure-hunt-68005285
Misalnya, kamu membuat cerita tentang Harriet yang ingin menemukan harta karun keluarganya.
Kamu ingin di akhir cerita Harriet berhasil menemukan harta karun keluarganya. Nah, sebelum Harriet berhasil, buatlah adegan-adegan yang menunjukkan Harriet akan gagal. Harriet sudah putus asa, Harriet nyaris tertangkap, Harriet terguling ke lubang dalam. Wah, pokoknya nasib Harriet malaaang sekali.
Di saat Harriet sedang bernasib amat buruk itulah, munculkan sesuatu yang mengubah keadaan.
2.  Tanamkan kebenaran itu dalam ceritamu.
Twist yang berhasil akan membuat pembaca bertanya, “Ha? Kok bisa?!” Lalu, saat pembaca itu memeriksa kembali ceritamu, mereka akan menemukan petunjuk-petunjuk yang mendukung kebenaranmu itu. Hanya saja mereka terlewat.
Misalnya, dalam kasus Harriet. Harriet tampak akan gagal, tetapi tiba-tiba mendapat bantuan dari Pak Blot, orang yang selama ini Harriet anggap musuh. Yap, ternyata Pak Blot yang dikira jahat itu, baik hati! Saat dirunut-runut lagi, ternyata setiap kali ia melakukan sesuatu yang membuat Harriet kesal, ternyata dia sedang menolong Harriet.
3.  Beri latar belakang yang logis untuk twist -mu.
Nah, ini super penting. Kalau pembaca merasa twist-mu mengada-ada, uuuh… pembaca malah akan merasa tertipu.
treasure-chestLagi-lagi dalam kasus Harriet, kita perlu memberi penjelasan, kenapa Pak Blot mau menolong Harriet. Kita juga harus menjelaskan, kenapa ia menolong Harriet secara diam-diam. Kenapa tidak menolong secara terang-terangan.
4.  Twist  yang di-twist !
Ini dia, dewanya twist ! Sudah ada twist , eeeh… ternyata twist  itu dipuntir lagi. Wuiih…. Misalnya, nih, Harriet akhirnya berhasil mendapatkan harta keluarga berkat bantuan Pak Blot. Aih, bukannya berterima kasih, Harriet malah mencelakakan Pak Blot! Harriet ingin menguasai harta itu sendirian. Wah… selama ini kita pikir Harriet baik hati, ternyata…
Huffhhh… tetapi membuat twist  rangkap ini susah bukan main. Karena ceritanya harus tetap masuk akal! Kalau sampai mengada-ada, ah, lebih baik enggak usah pakai twist  deh!

Semoga bermanfaat, ya! Sumber dari Bobo Online

Comments

Post a Comment

- Komentar harus yang sopan dan baik ya
- Jangan bertengkar di kolom komentar
- Kalau repost kasih namaku dan link blogku
- Terima kasih sudah mematuhi. Silahkan berkomentar ^^

Popular posts from this blog

Resensi Novel Surprise in Hokkaido

Rindu

Teenager World