Tips Menyemangati Diri Sendiri


Hai temen-temen! Tips untuk kamu hadir lagi, nih. Buat temen-temen yang suka malesan, ah, tips ini rekomendasi banget buat kamu, wohoho. Oke, langsung aja yap!

Berulangkali kali aku mendapat pertanyaan dari temen-temen. Mereka ingin jadi penulis tapi suka males buat nulis. Kadang juga nggak ada waktu, bosen, nggak ada ide. Bahkan ada yang ditentang oleh orangtua atau juga diejek teman-temen yang meragukan kemampuannya hingga akhirnya keinginan untuk jadi penulis itu menjadi surut.
Tentu, aku juga pernah mengalami seperti rasa malas, nggak ada waktu, capek bahkan nggak punya ide. Hanya saja aku tidak bisa menghantikan kebiasaan menulisku. Karena aku sudah mendapat banyak banget hal baik dari menulis. 
Lalu, gimana biar semangat menulis itu timbul lagi? Nah, mungkin tips ini bisa berguna buat temen-temen semua.
TENTUKAN TUJUAN

  •  Jika kamu ingin jadi penulis tentu pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menulis. Jadi langkah awal untuk menyemangati diri sendiri adalah menentukan tujuan. Untuk membuat diri kita selalu ingat dengan tujuan yang ingin dicapai, kita bisa menuliskannya di selembar kertas lalu kita tempel. Pastikan tulisan itu besar-besar biar gampang dibaca. Selain itu tempelkan di tempat yang gampang dibaca atau selalu bisa kita lihat.
BERSAING DENGAN TEMAN

  • Punya teman yang juga ingin jadi penulis atau ingin jadi yang lainnya? Nah, kenapa enggak menjadikan moment itu sebagai ajang untuk bersaing. Tapi tentunya harus secara sehat. Bukan dengan saling mengejek atau menjatuhkan. Kita bisa saling menetapkan target kapan kita bisa menyelesaikan tulisan kita lalu mengirimnya ke penerbit. Dengan bersaing dengan teman tentu semangat kita akan semakin terlecut.
MENJADIKAN IDOLA KITA SEBAGAI INSPIRASI

  • Pasti dong kalian punya idola. Entah itu penyanyi, pemain tenis, pemain sepak bola, penulis, dll. Menjadi idola atau bintang tentu jalannya tidak mudah. Butuh banyak pengorbanan, kerja keras, usaha, belajar dan banyak lainnya. Kita bisa menjadikan bintang idola kita sebagai sumber inspirasi. Sebagai fans beratnya kita tentu ingin seperti mereka. Nah, jadikan perjalanan idola kita hingga mencapai sukses sebagai sumber semangat. Kalo idola kita bisa, kenapa kita enggak. Yang penting adalah semangat dan tidak putus asa.
MEMBACA BUKU ORANG-ORANG YANG SUKSES

  • Sekarang ini ada banyak sekali buku-buku perjalanan orang-orang yang sukses. Bagaimana perjuangan mereka yang amat gigih sampai akhirnya bisa menggapai apa yang mereka cita-citakan. Nah, membaca buku-buku orang-orang yang sukses juga bisa membuat semangat kita semakin tumbuh. Sekarang banyak juga buku-buku dari orang-orang yang sukses yang sangat enak dibaca. Jadi nggak perlu takut bosan saat membaca buku-buku mereka.
KAMU BISA!

  • Kadang kita enggak percaya diri bahwa kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Mungkin kita merasa nggak mampu, jelek, bodoh, miskin, dll. Padahal untuk mencapai sesuatu yang dibutuhkan itu hanya semangat yang tidak pernah pudar. Jadi hilangkan semua rasa tidak percaya diri dari diri kamu. Dan tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu bisa. Dengan begitu semangat kamu untuk menggapai impian kamu akan timbul kembali
 Semoga bermanfaat, ya, kawan!
Terima kasih kak Laksita sudah sharing ^^

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel Surprise in Hokkaido

Rindu

Teenager World