Tips Menjaga Agar Konsisten Menulis


Hai temen-temen! Kali ini aku mau posting tips biar kita konsisten menulis, nih. Konsisten itu apa, sih? Konsisten adalah tetap, pokoknya nggak malesan gitu, deh, hehe...

Rasanya pasti bahagia banget, ketika mimpi kita untuk menjadi seorang penulis telah terwujud. Karya kita telah diterbitkan dalam sebuah buku atau mejeng di koran maupun majalah. Tapi, bukan berarti setelah karya pertama kita akhirnya bisa dibaca oleh orang lain, kita lantas berhenti menulis. Sebab untuk bisa terus menjadi seorang penulis kita harus konsisten dalam menulis.

Dan justru inilah hal tersulit bagi kita untuk terus menulis tanpa henti. Namun, bukannya lantas enggak bisa. Karena ada tips yang bisa kita praktekkan agar kita tetap konsisten menulis.



MOTIVASI
  • Hal paling utama dan mendasar adalah motivasi. Dan motivasi terkuat pastilah harus berasal dari diri kita sendiri
  • Misalnya mengapa kita ingin menjadi penulis? Apakah karena kita memang suka menulis?
  • Apakah menjadi penulis akan mempengaruhi kehidupan kita?
  • Atau membuat kita akan semakin disayang oleh orang-orang di sekitar kita?
  • Dan masih banyak lainnya.
  • Jadi diri kita sendirilah yang harus mencari dan menggali motivasi itu. Karena hal tersebut akan menjadi tenaga pendorong yang amat kuat untuk memujudkan impian kita untuk terus menjadi seorang penulis.
.
MINTA TOLONG PADA ORANG LAIN
  •  Hal kedua yang terpenting adalah minta tolong pada orang lain. Bisa orang tua, sahabat, atau orang lain yang kita percaya dan mengerti akan keinginan kita untuk terus menjadi seorang penulis.
  • Sebab bukan tidak mungkin suatu ketika kita lupa, malas, bosan atau malah patah semangat. Dengan dorongan dari orang-orang terdekat, keinginan kita untuk terus konsisten menulis pasti akan bisa dipelihara.
  • Jadi jangan lupa untuk memberitahu orang yang kita percayai tentang niat kita untuk terus konsisten menulis. Agar mereka bisa selalu mengingatkan.

 MENULISLAH SETIAP HARI
  • Jika kita ingin terus menjadi seorang penulis sediakan waktu setiap harinya dan taati saat-saat itu untuk terus menulis..
  • Andai kata saat itu tiba dan kita merasa tidak memiliki ide jangan berhenti menulis/ Tetaplah menulis apapun yang ada dalam otak kita.
  • Kita bisa menulis tentang apa yang kita alami hari ini atau menuliskan apa yang kita lihat hari ini.
  • Hal tersebut agar kita bisa terus menjaga komitment untuk terus menulis.
  • Sebab jika sehari saja kita bolong menulis, pasti akan susah sekali untuk memulai lagi.


BUAT  TARGET
  • Buatlah target. Misal kita menargetkan dalam 3 bulan harus sudah menyelesaikan novel sebanyak 100 lembar. Tentunya setiap hari kita harus menulis sebanyak beberapa lembar.
  • Catat setiap hari perkembangan target menulis kita. Bisa di buku harian, di selembar kertas yang ditempelkan di dinding. 
  • Karena dengan membuat target kita akan terus konsisten menulis.

BERI HADIAH ATAU HUKUMAN
  • Jika kita berhasil menyelesaikan sebuah tulisan sesuai target, beri hadiah untuk diri kita sendiri. Tapi tidak perlu terlalu berlebihan. Bisa saja hadiahnya berupa membeli makanan kesukaan kita, menonton acara TV yang terlewat karena kita harus konsentrasi menulis dll. 
  • Begitu juga jika kita tidak bisa memenuhi target yang telah kita buat sendiri, sebaiknya kita juga menerapkan hukuman untuk diri sendiri.Sehingga kita akan terus konsisten menulis.
Semoga bermanfaat, yap, kawan!
Sumber : Blog Kak Laksita

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel Surprise in Hokkaido

Rindu

Teenager World